PROSEDUR
ADMINISTRASI
Proses
administrasi mempunyai tiga bagian yang sangat besar, yaitu tata kerja,
prosedur kerja, dan sistem kerja.
Agar
dapat membedakan masing-masing pengertian, maka berikut ini adalah arti tata
kerja, prosedur kerja, dan sistem kerja.
- Tata kerja adalah cara-cara pelaksanaan kerja yang seefisien mungkin atas sesuatu tugas dengan mengingat segi-segi tujuan, peralatan, tenaga kerja, waktu, ruang, dan biaya yang tersedia.
- Prosedur kerja adalah rangkaian tata kerja yang berkaitan satu sama lain sehingga menunjukkan adanya suatu urutan tahap demi tahap serta jalan yang harus ditempuh dalam rangka penyelesaian sesuatu bidang tugas.
- Sistem kerja adalah suatu rangkaian tata kerja dan prosedur kerja yang kemudian membentuk suatu kebulatan pola tertentu dalam rangka melaksanakan sesuatu bidang pekerjaan.
Dari
kelompok kami mengambil suatu contoh proses administrasi dari program BEASISWA BIDIK MISI yaitu
beasiswa pendidikan bagi calon mahasiswa berprestasi dari keluarga yang kurang
mampu.
Dimana proses
administrasi dari program bidik misi ini mempunyai Ketentuan Umum dan Ketentuan Khusus yang
sudah kami jabarkan pengertiannya.
Unsur-unsur Administrasi
1.
Organisasi
Adalah rangkaian kegiatan penataan yang berupaÜ penyusunan suatu kerangka yang menjadi wadah bagi segenap kegiatan kerjasama dengan cara mengelompokkan pekerjaan – pekerjaan yang harus dilakukan, membagi tugas diantara para pejabat yang harus melaksanakan, menetapkan wewenang dan tanggung jawab masing – masing, serta menyusun jalinan hubungan diantara para pejabatnya.Adalah sistem usaha kerjasama sekelompok orang yang terikatÜ secara formal untuk mencapai tujuan yang telah ditentukan.
2. Manajemen
Adalah rangkaian kegiatan penataan yang berupa penggerakkanÜ orang – orang dan pengarahan fasilitas kerja agar tujuan kerjasama benar – benar tercapai.
Adalah kemampuan manajer untuk menggerakkan orang dan mengerahkanÜ segenap fasilitas yang ada dalam organisasi untuk mencapai tujuan yang telah ditentukan sebelumnya.
3. Komunikasi
Adalah rangkaianÜ kegiatan penataan yang berupa penyampaian warta dari seseorang kapada pihak lain dalam kerjasama dalam mencapai tujuan tertentu.
Adalah proses penyampaianÜ informasi atau berita dari satu pihak kepada pihak lain melalui media sehingga timbul adanya timbal balik dan saling pengertian.
4. Kepegawaian
Adalah rangkaian kegiatan penataan yang berupaÜ penghimpunan, pencatatan, pengolahan, penggandaan, pengiriman, penyimpanan, pemeliharaan, penyusutan, dan pemusnahaan informasi.
Adalah suatu prsosesÜ untuk merencanakan, mengembangkan dan memelihara potensi yang ada pada manusia untuk mencapai tujuan.
5. Perbekalan
Adalah kegiatanÜ mengadakan, mendayagunakan, dan memlihara sarana dan prasarana serta menyingkirkan sarana dan prasarana yang sudah tidak layak lagi digunakan.
6. Keuangan
Adalah proses yang berkenaan denganÜ pengadaan, pengalokasian, penggunaan dan pertanggungjawaban tentang uang.
7. Ketatausahaan
Adalah proses menghimpun, mencatat,Ü mengolah, mengirim dan menyimpan bahan – bahan informasi.
8. Hubungan Masyarakat
Adalah proses kegiatan mengadakan dan memelihara hubungan,Ü baik dengan hubungan internal maupun hubungan eksternal.
Adalah rangkaian kegiatan penataan yang berupaÜ penyusunan suatu kerangka yang menjadi wadah bagi segenap kegiatan kerjasama dengan cara mengelompokkan pekerjaan – pekerjaan yang harus dilakukan, membagi tugas diantara para pejabat yang harus melaksanakan, menetapkan wewenang dan tanggung jawab masing – masing, serta menyusun jalinan hubungan diantara para pejabatnya.Adalah sistem usaha kerjasama sekelompok orang yang terikatÜ secara formal untuk mencapai tujuan yang telah ditentukan.
2. Manajemen
Adalah rangkaian kegiatan penataan yang berupa penggerakkanÜ orang – orang dan pengarahan fasilitas kerja agar tujuan kerjasama benar – benar tercapai.
Adalah kemampuan manajer untuk menggerakkan orang dan mengerahkanÜ segenap fasilitas yang ada dalam organisasi untuk mencapai tujuan yang telah ditentukan sebelumnya.
3. Komunikasi
Adalah rangkaianÜ kegiatan penataan yang berupa penyampaian warta dari seseorang kapada pihak lain dalam kerjasama dalam mencapai tujuan tertentu.
Adalah proses penyampaianÜ informasi atau berita dari satu pihak kepada pihak lain melalui media sehingga timbul adanya timbal balik dan saling pengertian.
4. Kepegawaian
Adalah rangkaian kegiatan penataan yang berupaÜ penghimpunan, pencatatan, pengolahan, penggandaan, pengiriman, penyimpanan, pemeliharaan, penyusutan, dan pemusnahaan informasi.
Adalah suatu prsosesÜ untuk merencanakan, mengembangkan dan memelihara potensi yang ada pada manusia untuk mencapai tujuan.
5. Perbekalan
Adalah kegiatanÜ mengadakan, mendayagunakan, dan memlihara sarana dan prasarana serta menyingkirkan sarana dan prasarana yang sudah tidak layak lagi digunakan.
6. Keuangan
Adalah proses yang berkenaan denganÜ pengadaan, pengalokasian, penggunaan dan pertanggungjawaban tentang uang.
7. Ketatausahaan
Adalah proses menghimpun, mencatat,Ü mengolah, mengirim dan menyimpan bahan – bahan informasi.
8. Hubungan Masyarakat
Adalah proses kegiatan mengadakan dan memelihara hubungan,Ü baik dengan hubungan internal maupun hubungan eksternal.
Artikel tentang Otomatisasi Perkantoran
mengenai
Video Teleconferen.
Otomatisasi adalah Penggunaan mesin untuk
menjalankan tugas fisik yang biasa dilakukan oleh manusia. Otomatisasi kantor
(office automation atau oa) adalah semua system elektronik formal dan informal
terutama yang berkaitan dengan komunikasi informasi kepada dan dari orang yang
berada didalam maupun diluar perusahaan.
Ada 11
aplikasi otomatisasi kantor yang telah diketahui, yaitu:
1. WORD
PROCESSING
2.
ELECTRONIK MAIL
3. VOICE
MAIL
4.
ELECTRONIC CALENDARING
5. AUDIO
CONFERENCING
6. VIDEO
CONFERENCING
7.
COMPUTER CONFERENCING
8. FACSIMILE
TRANSMISSION
9.
VIDEOTEXT
10. IMAGE
STORAGE AND RETRIEVAL
11.
DESKTOP
Pada
pekan ini mari kita membahas sedikit tentang VIDEO CONFERENCE atau telekonferensi lewat
video, adalah gabungan antara audio conference dengan video conference,
sehingga lawan bicara kita bisa saling bertatap muka. Lewat video conference
maka lawan bicara yang berada di lokasi-lokasi berjauhan bisa saling berembuk
dan bisa saling melihat wajahnya.
Video
conference yang juga
dikenal dengan video
teleconference adalah suatu teknologi telekomunikasi interaktive yang memungkinkan
dua lokasi atau lebih untuk berinteraksi lewat video dan audio secara simultan.
Video conference berbeda
dengan videophone yang
memang di desain untuk melayani video antar dua orang secara individu.
Teknologi utama yang digunakan dalam sistem video
conference adalah kompresi digital dari suara dan video stream yang real time.
Teknologi
video conference tidak
lepas dari kemajuan teknologi kompresi audio dan video. Dengan banyaknya teknik
kompresi yang ada saat ini memungkinkan audio dan video dapat dikirim secara
bersamaan dalam jaringan dengan banwidth yang seefisien mungkin dan dengan
kualitas yang dapat diterima. Hardware
atau software yang
melakukan fungsi kompresi disebut dengan codec
(coder/decoder). Codec
merupakan singkatan dari compresi-decompresi yang merupakan proses
pembungkusan suara ataupun video analog menjadi data digital dengan metoda
tertentu sehinggga pengiriman suara atau video dapat dilakukan dalam bentuk
paket-paket data. Codec dapat
melewatkan suara atau video dalam jaringan IP dengan bandwidth yang kecil dan
kualitas yang masih dapat diterima. Orang yang berada dalam suatu lokasi dapat
melihat dan mendengar suara orang yang berada dilokasi lain selagi konferensi
dilakukan.
Otomatisasai Perkantoran
Otomatisasai
perkantoran adalah
semua system informasi formal dan informal terutama yang berkaitan dengan
komunikasi informasi kepada dan dari orang yang berbeda di dalam maupun di luar
perusahaan. Dengan kata lain otomatisasi perkantoran merupakan sebuah rencana
untuk menggabungkan teknologi tinggi melalui perbaikan proses pelaksanaan
pekerjaan.
Beberapa
system otomatisasi perkantoran secara formal dan didokumentasikan dengan suatu
prosedur tertulis. System formal ini diterapkan di seluruh perusahaan untuk
memenuhi kebutuhan organisasi, mirip dengan sistem informasi manajemen. Namun
sebagian besar system otomatisasi perkantoran tidak direncanakan atau diuraikan
secara tertulis. System-sistem informal ini diterapkan saat diperlukan oleh
perorangan untuk memenuhi keperluaannya sendiri. Dan otomatisasi perkantoran
dimaksudkan untuk memudahkan segala jenis komunikasi baik secara lisan maupun
secra tertulis.
Asal mula
otomatisasi perkantoran di awal 1960-an, ketika IBM menciptakan istilah word-processing
untuk menjelaskan kegiatan devisi mesin tik listriknya. Bukti nyata, pada tahun
1964-an, ketika IBM memasarkan mesin yang disebut Magnetic Tape/Selectric
Typewriter (MT/ST) yaitu mesin ketik yang dapat mengetik kata-kata yang telah
direkam dalam pita magnetik secara otomatis.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar